Minggu, 26 Juni 2016

Mengetahui Lebih Jauh Tentang Alat Tes Kehamilan

Mungkin anda merasa sudah mengalami semua tanda tanda fisik atau gejala gejala kehamilan, sekarang saatnya untuk lebih meyakinkan lagi. Ayo bunda, kita mengenal lebih jauh lagi dengan beberapa macam tes kehamilan yang bisa dilakukan sendiri atau oleh dokter kandungan.

alat tes kehamilan, kehamilan, mempersiapkan kehamilan yang sehat, merencanakan kehamilan, program hamil,
Pemeriksaan kehamilan


Ada 3 macam alat tes kehamilan yang mungkin bisa dilakukan :

Tes Urine

Banyak alat tes kehamilan yang dijual bebas di pasaran pada saat ini, hal ini tentu lebih memudahkan anda untuk mengetahui kehamilan sejak dini. Caranya menggunakannya juga sangat simpel, anda cukup mengikuti langkah-langkah yang ada pada kemasan. Sampel urine yang digunakan untuk tes kehamilan adalah urine yang keluar pertama kali di pagi hari. 

Cara kerja tes urine pada dasarnya adalah mendeteksi kandungan HCG (Human Chorionic Gonadotropin) yang terdapat pada urine. HCG sendiri yaitu hormon yang dihasilkan oleh embrio pada saat hamil, kandungan hormon ini dalam urine akan mengalami peningkatan dalam jangka waktu satu minggu setelah konsepsi atau terjadinya pembuahan.



Tes Darah

Tes atau pengujian darah di laboratorium dapat dilakukan apabila pada tes urine belum dapat menunjukkan hasil yang akurat, utamanya pada kasus infertilitas atau fertilisasi in vitro (bayi tabung). Tes darah akan lebih cepat mendeteksi kandungan HCG sehingga kehamilan akan lebih cepat diketahui.

Ultrasonografi (USG)

Apabila tidak didapatkan hasil yang pasti pada tes urine maupun tes darah, maka dokter akan melakukan ultrasonografi (USG). Biasanya, pemeriksaan USG ini hanya dilakukan pada kasus-kasus tertentu, misalnya pada bayi tabung atau apabila terjadi gangguan hormon. USG yang dilakukan adalah jenis transvaginal (pemeriksaan USG yang alatnya dimasukkan ke dalam vagina). Ketika pada pemeriksaan tersebut anda sudah dinyatakan positif hamil, maka perjalanan indah anda untuk menjadi seorang ibu akan segera dimulai.


, , , ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar