Senin, 27 Juni 2016

Hal Penting Yang Harus Dilakukan Suami Dalam Proses Perencanaan Kehamilan

Sudah banyak artikel yang mengulas tentang apa yang harus dipersiapkan oleh seorang istri dalam rangka mempersiapkan atau merencanakan kehamilan, mulai dari menjaga makanan dan minuman, memperbaiki nutrisi hingga berolah raga secara teratur. Akan tetapi tidak hanya istri yang perlu menjalani pola hidup yang sehat agar proses pembuahan dapat segera terjadi, suami juga harus berperan aktif agar istri dan janin yang dikandungnya sehat dan kehamilan berjalan lancar. Berikut ini hal hal yang harus diperhatikan.
Jika anda (suami) sedang menjalani masa pengobatan dan harus secara rutin mengkonsumsi obat obatan dengan jangka waktu yang cukup lama, anda perlu mengkonsultasikan hal tersebut dengan ahli atau dokter anda. Karena terdapat obat obatan yang bisa berpengaruh terhadap kualitas dan kuantitas sperma yang anda hasilkan. Biasanya ketika anda berhenti mengkonsumsi obat obat tersebut, pengaruhnya terhadap sperma anda juga akan hilang. Jadi, sebaiknya mintalah rekomendasi terhadap dokter yang menangani anda agar sebisa mungkin diberikan obat yang aman atau tidak berpengaruh terhadap produksi sperma.
Apakah dalam silsilah anggota keluarga anda ada yang memiliki penyakit keturunan? Carilah informasi tentang hal tersebut. Jika ternyata ada anggota keluarga anda memiliki penyakit keturunan, sebaiknya anda melakukan konsultasi dengan dokter kandungan yang menangani program kehamilan anda dan istri agar mendapatkan penjelasan tentang resiko yang mungkin akan anda hadapi, juga menghindari dan meminimalisir kemungkinan buah hati anda nanti lahir dalam keadaan yang tidak sehat atau tidak sempurna.

Diet atau merubah pola makan ke makanan dan minuman yang lebih sehat juga harus anda lakukan sebagai seorang suami, tidak hanya oleh istri. Jika makanan dan minuman yang anda konsumsi lebih sehat kaya akan nutrisi, maka kualitas dan kuantitas sperma anda pasti juga akan menjadi semakin baik. Asam folat yang terkandung dalam jus jeruk, sayuran yang memiliki daun hijau, sereal; zinc yang terkandung dalam daging dan telur: serta vitamin C yang terkandung dalam jeruk, kiwi, brokoli, dan asparagus adalah beberapa contoh makanan yang dapat membantu meningkatkan kesuburan anda.

Alkohol, obat-obatan dan rokok (bahkan dalam bentuk tembakau kunyah) juga sangat mempengaruhi kualitas dan kuantitas sperma anda. Seorang suami yang 1 bulan sebelum pembuahan masih mengkonsumsi minuman beralkohol akan mengakibatkan resiko serius terhadap janin, yaitu janin atau bayi akan memiliki berat badan yang lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata berat bayi pada umumnya. Jadi jika anda dan istri sedang merencanakan atau mengikuti program kehamilan, anda harus meninggalkan ketiga hal tersebut. Istri dan si kecil nantinya akan menjadi perokok pasif yang memiliki resiko sama dan bahkan lebih besar dibandingkan perokok aktif jika anda masih melakukan kebiasaan merokok ketika istri hamil.

Paling tidak 3 bulan sebelum pembuahan, sebisa mungkin anda juga harus menghindari interaksi dengan bahan kimia seperti pestisida dan pelarut organik. Carilah informasi atau cara apa yang bisa anda lakukan untuk meminimalisir resiko anda terpapar bahan-bahan tersebut jika pekerjaan anda membuat anda sering berinteraksi atau melakukan kontak dengan bahan tersebut; karena bahan bahan tersebut dapat memperbesar resiko bayi terlahir prematur bahkan dengan kondisi cacat, selain dapat menghambat proses pembuahan.

Perencanaan kehamilan tidak hanya sebatas mempersiapkan diri secara lahir dan batin, persiapan kondisi keuangan dan merencanakan biaya juga sangat penting. Siapkan dan simpan sejumlah uang yang mungkin bisa anda sisihkan setiap bulannya sebagai anggaran biaya kesehatan dan biaya pendidikan anak anda nanti sampai dia dewasa. Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan konsultan atau ahli perencana keuangan jika perlu.

Pilih pakai boxers atau briefs? Memang Ada beberapa ahli yang lebih menyarankan untuk memakai boxers, karena penggunaan briefs dianggap bisa mengganggu produksi sperma; walaupun sampai saat ini belum ada penelitian yang valid yang bisa membuktikan pengaruhnya terhadap produksi sperma anda. Jadi anda bisa mencoba beralih menggunakan boxers jika selama ini anda mungkin masih menggunakan briefs kalau anda ingin benar-benar yakin. Penyesuaian pakaian ini mungkin bisa memperbaiki kesuburan dan kualitas sperma, juga mendukung rencana kehamilan anda dan istri.

Dalam jangka waktu 3 bulan sebelum perencanaan anda harus menjauhi bak air panas, sauna, juga hindari mandi menggunakan air yang terlalu panas. Suhu yang panas bisa merusak dan membunuh sel sperma anda. Sel sperma membutuhkan waktu paling tidak 3 bulan untuk melakukan regenerasi; jadi jika anda cukup lama berendam di bak air panas pada bulan Januari, sperma anda baru akan benar-benar pulih ketika bulan April.

Anda yang memiliki hobi bersepeda juga harus waspada. Ada sebuah penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan bersepeda dengan durasi lebih dari 2 jam per hari selama 6 hari dalam seminggu dapat mengakibatkan volume, jumlah dan stamina sperma berkurang dan menurun. Jika anda tetap ingin bersepeda, batasi durasi bersepeda, gunakan celana yang tidak terlalu ketat dan pilihlah sadel sepeda yang paling empuk; karena pemakaian celana yang terlalu ketat ketika bersepeda memiliki efek samping yang sama dengan mandi menggunakan air yang terlalu panas atau berendam di bak air panas. Sadel sepeda yang terlalu keras juga dapat mengakibatkan menurunnya jumlah sperma yang dihasilkan.

Merencanakan kehamilan bisa menjadi suatu hal yang tidak biasa dan terasa sangat menegangkan jika prosesnya berlangsung cukup lama. Untuk menghilangkan stress, lakukanlah olah raga dan jagalah pikiran anda agar tetap tenang dan rileks. Badan yang sehat dan pikiran yang rileks bisa membantu proses perencanaan kehamilan anda dan istri menjadi lebih menyenangkan, walaupun sebenarnya belum ada penelitian yang mampu membuktikan bahwa olahraga bisa meningkatkan peluang terjadinya pembuahan.
, , , , , ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar