Jumat, 01 Juli 2016

Sebelum Hamil, Mari Perbaiki Nutrisi

Selain mendapatkan tubuh yang sehat, secara rutin mengkonsumsi makanan seimbang dan bergizi juga dapat membuat kita lebih maksimal dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Mari memulai kebiasaan makan yang baik dan sehat dari diri sendiri, lalu ajarkan kebiasaan baik itu ke seluruh anggota keluarga, terutama rumah tangga.


Jika anda adalah pasangan yang menanti nanti hadirnya si buah hati, anda perlu mencoba untuk memperbaiki nutrisi yang terkandung pada makanan yang dikonsumsi setiap harinya sebelum kehamilan terjadi. Memperbaiki nutrisi sebelum terjadinya kehamilan akan membuat bayi anda yang lahir nantinya berbadan sehat dengan gizi baik. Jika anda sebagai calon ayah dan bunda sudah melakukan perbaikan asupan gizi dan nutrisi sejak awal, ini berarti anda dan pasangan sudah siap untuk mendukung dan memberikan lingkungan yang baik dan sehat bagi perkembangan janin.

cepat hamil, kehamilan, mempersiapkan kehamilan yang sehat, merencanakan kehamilan
Mempersiapkan nutrisi sebelum merencanakan kehamilan

Memperhatikan Berat Badan

Jagalah berat badan anda agar tetap ideal, jangan sampai terlalu gemuk dan juga jangan sampai terlalu kurus. Badan yang terlalu gemuk ataupun terlalu kurus nantinya malah bisa menjadi penyebab bagi seorang wanita susah hamil. Jika anda punya niat untuk melakukan diet ketat, hindari! Diet malah akan menyebabkan terjadinya kekurangan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh anda dan buah hati yang masih di dalam perut. Mintalah saran kepada dokter jika anda ingin hamil tapi pada saat ini anda sedang rutin mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu yang bertujuan untuk menambah atau mengurangi berat badan.

Cukupi Kebutuhan Asupan Vitamin, Mineral atau Ramuan Obat

Jika anda mengkonsumsi vitamin, mineral, atau ramuan tanpa konsultasi/petunjuk dari dokter, maka hal ini bisa saja memperbesar kemungkinan terjadinya over-dosis atau reaksi negatif yang terjadi pada tubuh. Jika mengkonsumsi Vitamin A terlalu banyak dapat menyebabkan terjadinya cacat bawaan pada bayi. Hentikan mengkonsumsi segala jenis suplemen paling tidak 3 bulan sebelum masa kehamilan. Apabila anda merasa memerlukannya, dokter pasti akan memberikan vitamin khusus untuk ibu hamil, sesuai dengan kebutuhan.

Perbanyak Mengkonsumsi Asam Folat

Asam Folat adalah salah satu jenis vitamin yang sangat membantu kesehatan kehamilan adalah . Calon bunda yang mulai mengkonsumsi 0,4 mg acidum folicum  atau Asam Folat selama 3 sampai 4 bulan sebelum hamil, maka pertumbuhan janin di dalam rahim dapat terjaga dan tidak mudah terserang penyakit yang bisa menyebabkan terjadinya cacat tulang punggung dan otak besar atau biasa disebut dengan penyakit neural tube defect.  Ada sekitar 4000 kasus anak yang terlahir dengan cacat bawaan jenis ini setiap tahunnya,  jenis yang biasa terjadi disebut spina bifida. Penyakit ini diperkirakan mulai menyerang pada beberapa minggu di awal masa kehamilan.

Penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi acidum folikum atau Asam Folat di periode awal kehamilan bisa mencegah penyakit ini. Jenis makanan yang mengandung Asam Folat  ada beberapa jenis, diantaranya adalah padi padian, tepung terigu, sereal, asparagus, alpukat, pisang, kacang hitam, kembang kol, jeruk dan jus buah, kuning telur, roti yang mengandung gizi yang tinggi dan crackers, jenis sayuran berwarna hijau, kacang koro, hati, kacang polong, pisang kepok, pocai, strawberry, ikan tongkol, yogurt dan lain-lain.


, , , , ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar